5 Jenis Tepung Yang Sangat Berguna


Tepung sudah lama diketahui sebagai bahan dasar untuk pembuatan berbagai makanan terutama kue. Bahkan seperti bumbu dapur saja sudah sangat sering untuk menggunakan tepung sebagai salah satu bahannya. Terdapat banyak sekali jenis dari tepung yang ada di dunia dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Berikut ialah jenis dan juga kegunaan dari tepung yang bisa dimanfaatkan kedepannya.

1. Tepung Terigu Yang Paling Sering Dipakai Masyarakat

Jenis tepung satu ini dibuat dan berasal dari biji gandum yang murni dan sudah terbebas dari kulitnya. Tekstur yang dibuat juga sangatlah halus dengan tingkat elasitsitas yang cukup tinggi. Untuk jenisnya dari tepung terigu ini juga bisa dibedakan berdasarkan 3 turunannya.

  • Tepung terigu dengan protein yang tinggi. Biasanya tepung ini bisa mengandung hingga 11-13% protein di dalamnya bahkan bisa lebih dari itu. Sangat cocok untuk dipakai pada adonan makanan yang butuh elastisitas di dalamnya. Dan bahan ini juga nantinya tidak akan mudah rusak dan sangat cocok untuk membuat mie, roti hingga pasta dan donat.
  • Tepung terigu dengan protein yang sedang. Biasanya kadar protein pada tepung sedang protein ini berkisar 8 sampai 10% saja. Untuk penggunaannya sendiri biasanya membuat adonan yang memiliki teksur lembut serta akan mengembang. Bisa dipakai untuk membuat aneka kue hingga membuat gorengan.
  • Tepung terigu dengan protein yang rendah bisa mengandung protein dalam jumlah 6-8% saja di dalamnya. Biasanya tepung ini bisa dipakai untuk membuat adonan yang renyah seperti gorengan misalnya.

2. Tepung Ketan Bebas Gluten

Sifat dari tepung ketan bebas gluten ini biasanya ialah kekenyalan yang lebih dibandingkan tepung beras. Sangat cocok untuk para penderita diabetes karena kandungan vitamin E dan B yang tinggi dalam tepung ini. Untuk kegunaannya sendiri biasanya dipakai untuk membuat kue kue yang kenyal seperti onde-onde dan juga biji salak.

3. Tepung Tapioka Yang Biasa Disebut Tepung Kanji

Bahan yang membuat tepung tapioka sagu tani ini ialah singkong yang tidak memiliki kandungan protein di dalamnya. Untuk sifatnya sendiri, tepung ini cukup kenyal dan sangatlah lengket pada saat dipanaskan sehingga bisa dipakai untuk perekat atau lem. Biasanya tepung ini bisa dipakai untuk makanan seperti cimol atau cilok dan batagor karena kekenyalannya ini. Tidak jarang juga tepung ini dipakai untuk mengentalkan berbagai tumisan masakan.

4. Tepung Roti Tepung Yang Populer Di Masyarakat

Tepung yang memiliki 2 warna yaitu warna oranye dan juga warna putih. Biasanya sangat baik untuk digunakan sebagai pelapis untuk sebuah gorengan entah itu kroket ataupun risol. Juga bisa dipakai untuk campuran gelatin dan juga melapisi pada kroket.

5. Tepung Sagu Yang Bertekstur Agak Kesat

Kegunaan pada tepung ini ialah sangat baik dipakai untuk pembuatan pempek atau juga bubur hingga kue sagu pastinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jarhead Film Military Terbaik di Dunia

Perencana Kata Kunci Google Ads digunakan untuk